Sabtu, 17 September 2016

Teleskop Radio Afrika Selatan Temukan Ratusan Galaksi Baru

WolipopDetik.Xyz: Baru saja diuji coba, teleskop radio MeerKAT yang berada di Afrika Selatan berhasil menemukan ratusan galaksi baru.

Temuan galaksi baru tersebut membuktikan bila proyek teleskop yang baru akan berfungsi secara penuh akhir tahun ini dapat memenuhi kebutuhan ilmuwan antariksa untuk mengamati luar angkasa dan isinya dengan cakupan yang lebih luas dari sebelumnya.

Teleskop Radio Afrika Selatan Temukan Ratusan Galaksi Baru
Teleskop Radio Afrika Selatan Temukan Ratusan Galaksi Baru (Video Source : metrotvnews.com)
Menurut CNN, saat ini hanya 16 dari 64 parabola pada sistem teleskop MeerKAT yang beroperasi. Pengoperasian sebagian dari sistem teleskop MeerKAT ini bertujuan untuk pengujian sekaligus menunjukkan bila kekuatan teleskop radio terkuat di belahan akan mampu membawa pengamatan antariksa ke tingkat selanjutnya.



Baca :
  1. Pemain Adsense & CPA Kab Tegal (Mas Biyan Tegal)
  2. Informasi Terbaru Seputar Teknologi Mutakhir (DetikInet)

"Bardasarkan hasil pengujian kali ini, MeerKAT dipastikan akan menjadi teleskop radio paling kuat di dunia jika seluruh parabolanya difungsikan," ujar Chief Technologist proyek Square Kilometre Array bagian Afrika Selatan, Profesor Justin Jonas.

Pengembangan MeerKAT juga tidak akan berhenti sampai disini. MeerKAT sendiri merupakan bagian dari proyek antariksa raksasa bernama Square Kilometre Array (SKA). Proyek tersebut akan menempatkan 3000 parabola pengamatan di seluruh dunia yang akan bekerja secara simultan dan akan mulai beroperasi pada tahun 2020.



Melalui proyek SKA, ilmuwan akan mampu mengamati luar angkasa dengan lebih baik lagi karena proyek ini menjanjikan kekuatan pengamatan hingga 10.000 kali lebih luas ketimbang teleskop luar angkasa modern yang ada saat ini. SKA tidak hanya akan digunakan untuk menemukan objek antariksa baru, ia juga dapat digunakan untuk mempelajari galaksi dan black hole.

Saat ini lebih dari 20 negara telah berpartisipasi dan mendukung proyek ambisius ini. Australia dan Afrika Selatan akan menjadi pangkalan operasi dengan markas utama penelitian akan dipusatkan di Inggris.

Sumber : http://teknologi.metrotvnews.com/read/2016/07/19/557158/teleskop-radio-afrika-selatan-temukan-ratusan-galaksi-baru

0 komentar:

Posting Komentar