Rabu, 03 Februari 2016

Alvi Hadi Sugondo "Fungsi Stetoskop, Mendengar Denyut Jantung hingga Aliran Darah"


Apakah Anda tahu bahwa stetoskop sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia ? Umumnya stetoskop dipakai oleh seorang dokter, dan memang menjadi icon alat kesehatan ini. Kita pasti setuju, seorang dokter belum lengkap tanpa menggunakan stetoskop dalam melakukan tugas kemanusiaan.

Sebenarnya apasih manfaat dari stetoskop ini ?

Secara garis besar, stetoskop bermanfaat untuk mendengar suara organ dalam tubuh kita. Misalnya detak jantung, aliran darah, suara usus besar dan usus kecil hingga organ dalam tubuh lainnya.

Pada seorang yang sedang mengalami gangguan pada pencernaan, suaranya sangat gaduh. Seperti berisik. Ini artinya, usus sedang berinteraksi dengan makanan yang kurang bersahabat. Misalnya pedas atau mengandung bakteri merugikan.

Umumnya, sang dokter menggunakan stetoskop untuk mendiagnosa penyakit. Dokter akan mendapat gambaran lebih jauh ketika mendengar suara organ dalam pasien. 

Stetoskop mampu mengindikasikan apakah fungsi organ tubuh pasien normal atau abnormal. Beberapa stetoskop dirancang khusus untuk memonitor suara kerongkongan, denyut jantung janin, maupun aliran darah. Dan khabar baiknya, harga stetoskop sudah sangat terjangkau.

Stetoskop binaural merupakan stetoskop yang dirancang bisa didengar menggunakan kedua telinga, sedangkan stetoskop tunggal hanya untuk satu telinga. Modelnya pun bervariasi. 

Stetoskop diferensial memungkinkan penggunanya untuk membandingkan suara di dua lokasi berbeda. Ada pula stetoskop elektronik yang bisa memperkuat suara yang dihasilkan organ tubuh yang diperiksa.

Apapun itu, jika Anda ingin belajar menggunakan stetoskop, tak perlu harus jadi dokter dulu. Beruntung jika ada dokter yang mau mengajarkan penggunaan stetoskop ini kepada Anda, karena bisa memakainnya secara mandiri. Tapi kalau tak bisa, sebaiknya serahkan saja pada ahlinya.





0 komentar:

Posting Komentar