Sabtu, 17 September 2016

Uji Coba Ganjil Genap Mulai Diberlakukan Hari Ini

WolipopDetik.Xyz, Jakarta: Uji coba sistem ganjil genap mulai diberlakukan hari ini Rabu 27 Juli hingga 26 Agustus. Penggunaan kendaraan dengan angka terakhir pada nomor polisi ganjil diizinkan hanya pada tanggal ganjil, sedangkan kendaraan dengan angka terakhir pada nomor polisi genap bisa melintas pada tanggal genap.

Sistem ini diberlakukan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat - Jalan M.H. Thamrin - Jalan Jenderal Sudirman - Bundaran Senayan di Jalan Sisingamangaraja. Lalu di persimpangan Kuningan - Jakarta Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Uji Coba Ganjil Genap Mulai Diberlakukan Hari Ini
Uji Coba Ganjil Genap Mulai Diberlakukan Hari Ini (Video Source : metrotvnews.com)
Di lapangan, polisi bekerja sama dengan personel dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Mereka akan menyebar di jalur khusus sistem ganjil genap, jalan arteri di sekitar jalan khusus ganjil genap, dan kantung parkir.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan, polisi mengawasi kendaraan di sembilan titik, yakni kawasan Bundaran Patung Kuda, Bank Indonesia, Sarinah, Bundaran HI, Imam Bonjol, Bundaran Senayan, CSW, dan simpang Kuningan.

Baca :
  1. Portal Informasi Attijani Indonesia Terlengkap (AtTijani)
  2. Jasa Video Shooting Kota & Kabupaten tegal (Pasti.In)

Selama uji coba sistem ganjil genap, polisi juga mengawasi arus lalu lintas di jalan arteri, seperti Jalan Kebon Sirih Raya, Jalan K.H. Mas Mansyur, Jalan H. Agus Salim, Jalan Gereja Theresia, dan sekitarnya.

"Kami tempatkan total 3.000 personel dari mulai tingkat polsek sampai dengan polda," kata Awi di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (26/7/2016).

Awi menyampaikan, Direktorat Lalu Lintas memprediksi akan terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalan arteri selama uji coba sistem ganjil genap. Kemungkinan masih banyak masyarakat yang tidak tahu jalan alternatif menuju tujuan.

"Tentunya petugas kami di lapangan akan melakukan pengalihan - pengalihan, pelaksanaannya secara simpatif dan persuasif," ujar Awi.

Polisi juga memikirkan kondisi di kantung - kantung parkir. Pemerintah DKI menyiapkan kantung parkir antara lain di kawasan Kota Tua dan pusat perbelanjaan Blok M. Menurut dia, ada kekhawatiran kendaraan di kantung parkir membludak.




Jalan Alternatif


Selama uji coba, masyarakat dapat melalui rute alternatif atau ruas jalan di luar kawasan ganjil - genap. Kendaraan dari arah timur mengarah ke barat dapat melintasi Jalan Gatot Subroto – H.R. Rasuna Said - Jalan Dr Satrio - Jalan K.H. Mas Mansyur - Jalan Pejompongan - Jalan Penjernihan - Jalan Gatot Subroto - Jalan S. Parman atau Slipi - dan seterusnya.
 
Kendaraan dari barat mengarah ke timur atau selatan, dapat melalui Jalan Gatot Subroto - Jalan Penjernihan - Jalan Pejompongan - Jalan K.H. Mas Mansyur - Jalan Dr Satrio - Jalan H.R. Rasuna Said - Jalan Gatot Subroto atau Jalan Kapten Tendean dan seterusnya.
 
Kendaraan dari selatan menuju ke utara dapat melalui Jalan Panglima Polim - Jalan Bulungan - Jalan Patiunus - Jalan Hamengkubuwono 10 - Jalan Hang Lengkir - Jalan Asia Afrika - Jalan Gelora - Jalan Tentara Pelajar - Jalan Penjernihan - Jalan KH Mas Mansyur - Jalan Cideng Barat - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit dan seterusnya.
 
Sebaliknya, kendaraan dari utara menuju ke selatan bisa melalui Jalan Gajah Mada atau Hayam Wuruk (Harmoni) - Jalan Ir Haji Juanda - Jalan Veteran 3 - Jalan Medan Merdeka Utara - Jalan Perwira - Jalan Lapangan Banteng - Jalan Pejambon - Jalan Medan Merdeka Timur - Jalan Ridwan Rais - Jalan Prapatan - Jalan Abdul Rahman Hakim (Tugu Tani) - Jalan Menteng Raya - Jalan Cut Mutia - Jalan Teuku Umar - Jalan Sam Ratulangie - Jalan Hos Cokroaminoto - Jalan HR. Rasuna Said - Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.
 
Kebijakan ganjil genap berlaku dari Senin - Jumat mulai pukul 07.00 - 10.00 WIB dan pukul 16.00 - 20.00 WIB, sementara pembatasan ganjil genap tidak berlaku pada Sabtu - Minggu dan hari libur nasional

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/2016/07/27/560667/uji-coba-ganjil-genap-mulai-diberlakukan-hari-ini

0 komentar:

Posting Komentar