Minggu, 28 Februari 2016

ALVI HADI SUGONDO "MENGUAK SENI TERTINGGI KESUKSESAN MANUSIA, KESEHATAN SEJATI"


Apa makna kesehatan bagi anda? Apakah sehat itu berarti tidak ke rumah sakit dan minum obat? Atau bebas dari rasa sakit? Semua itu sah-sah saja, namun yang jelas makna sehat yang paling umum adalah semua organ tubuh berjalan dengan baik tanpa ada gangguan sedikit pun. 

Kesehatan memang mahal ketika kita sedang sakit. Tapi bisa jadi tak ada artinya apa-apa ketika kita sedang sehat. Inilah tanda kurang mensyukuri karunia Tuhan. 

Kesehatan itu perlu dirayakan. Setiap hari, saat berdoa pada Tuhan, wujudkan rasa syukur kita dengan air mata kebahagiaan. 

“Terimakasih Tuhan, atas karunia kesehatan yang Kau berikan. Terimakasih atas kasih sayang Mu, karena berkat ijin Mu, badan saya selalu sehat dan bisa menikmati semua karunia Mu dengan sempurna “  Seharusnya itulah doa kita setiap hari kepada Tuhan menyikapi rasa syukur terhadap kesehatan yang kita miliki.

Sehat itu berarti harmonis. Ketika dalam tubuh kita ada yang tidak seimbang, maka akan datang penyakit. Penyakit itu tanda bahwa ada ketidakseimbangan dalam diri kita.

Perhatikan datang pertamakalinya penyakit. Pasti semua dimulai dari ketidakseimbangan. Mulai dari pembagian waktu istirahat yang tidak porposional. 

Kita sudah dijatah waktunya dengan sepertiga bagian. Sepertiga pertama waktu untuk beraktivitas dan bekerja mencari nafkah, sepertiga kedua untuk tidur, dan sepertiga ketiga untuk rekreasi dengan keluarga. Hanya 8 jam yang dibagi 3 saja dalam 24 jam waktu manusia itu.

Ketika jam tidur kita dipotong hingga 50% persen, maka tubuh akan kekurangan waktu untuk tidur. Dan jika ini dibiarkan dalam waktu lama, akan mengurangi daya tahan tubuh. Dan pada akhirnya pintu gerbang penyakit tercipta.

Penyakit darah tinggi, ginjal, jantung dan banyak lagi, adalah contoh dari ketidakseimbangan yang datang ke dalam diri kita. Emosi yang tak seimbang akan menimbulkan stress kronis, pemicu penyakit jantung, darah tinggi dan akhirnya stroke. 

Banyak sekali jika kita ingin uraikan tentang dampak ketidakseimbangan yang berakibat pada datangnya penyakit. Karena itu, marilah kita rasakan kesehatan kita ini dengan sikap syukur, agar kesehatan yang kita miliki akan bertahan sangat lama hingga diusia yang panjang. 

Makna kesehatan adalah kehamonisan dalam tubuh dan lingkungan. Dengan berpola hidup sehat, maka secara langsung atau tidak langsung, kita sudah merencanakan suatu energy sehat yang kuat, dan berdampak pada segala lini kehidupan, mulai dari sisi pribadi, keluarga, social, karir hingga spiritual. 

Itulah makna sehat yang sesungguhnya, menyentuh 5 sisi kehidupan kita sebagai manusia yang seutuhnya. Mari kita mulai hidup ini dengan pola hidup sehat dan seimbang, detik ini juga ! Salam hidup sehat.   

1 komentar:

  1. Kesehatan itu seni dan sekaligus level tertinggi kesuksesan, yaitu sehat dibidang pribadi, keluarga, sosial, karir dan spriritual. Kunci kesehatan adalah keseimbangan. Balance of life

    BalasHapus